Minggu, 15 April 2012

Teknologi Internet

  1. Wifi/Microwave;  Teknologi ini umum digunakan oleh PJI (penyedia jasa internet) dimana suatu lokasi tidak terdapat fasilitas untuk menggunakan teknologi kabel.  Kelebihan teknologi ini adalah cukup terjangkau bagi yang menggunakan frekuensi tanpa lisensi (2,4GHz / 5,8GHz).  Namun bagi yang memanfaatkan frekuensi tersebut harus memperhitungkan keterbatasan teknologi dan ketersediaan sumberdaya frekuensi dimana jika banyak pengguna maka kualitas koneksi akan menurun secara drastis.  Ini bisa diatasi dengan menggunakan frekuensi berlisensi yang tentunya dengan biaya lebih tinggi.
  2. 3G/CDMA;  Dalam kondisi darurat, dimana hanya koneksi melalui operator GSM/CDMA yang tersedia, maka koneksi 3G dan CDMA bisa dimanfaatkan.  Namun penulis menyarankan untuk segera mencari pilihan lain berhubung koneksi 3G/CDMA dirancang untuk penggunaan pribadi, bukan untuk penggunaan kapasitas tinggi seperti warnet.
  3. VSAT; teknologi ini memanfaatkan satelit komunikasi sebagai media koneksi.  Kelebihan koneksi ini adalah dapat ditempatkan dimanapun selama antena parabola dapat mengarah ke satelit komunikasi.  Koneksi ini biayanya cukup mahal dan hanya disarankan pada lokasi dimana tidak ada pilihan selain menggunakan koneksi VSAT.
  4. GPRS;  General Packet Radio Services adalah sistem koneksi internet yang menggunakan perangkat GSM, dengan GPRS panggilan voice dapat dilakukan secara bersamaan dengan transmisi data.   
  5. WAP; Wireless Application Protocol (WAP) merupakan spesifikasi global dan terbuka yang mampu memberdayakan pengguna piranti mobile untuk dapat dengan mudah mengakses dan berinteraksi dengan informasi dan layanan secara instan.

0 komentar:

Posting Komentar